Rela Pikul Cangkul, Purnawirawan TNI Bangun Jalan Seorang Diri Pakai Uang Pribadi


FAJAR.CO.ID, GOWA – Jiwa ksatria Jaharuddin masih membekas di hatinya. Meski sudah menjadi purnawirawan TNI, dia tetap mengabdi kepada masyarakat.

Terbukti, dia rela membangun jalan di kampung halamannya, Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Dia tak sendiri. Mantan anggota Kodam ini dibantu oleh istri tercintanya untuk memudahkan para petani, saat berangkat ke sawah.

Aktivitasnya di masa pensiunannya itu telah dilakoni Jaharuddin sejak empat tahun lalu. Atau tepatnya sejak tahun 2017 lalu.

“Sudah ada 600 meter jalan yang kami bangun sejak 2017 lalu. Alhamdulillah sudah banyak petani yang nikmati,” katanya, Minggu (6/9/2020).

Dia bekerja menggunakan alat seadanya. Seperti gerobak, sekop, cangkul, dan parang untuk memangkas rerumputan.

Jaharuddin mengaku masih kuat meski usianya yang senja, yakni sudah 60 tahun. Sebelum dibangun jalan, warga sekitar harus menempuh jarak dua kilometer, untuk sampai ke sawah atau kampung tetangga.

“Kalau dihitung, sudah ada Rp30 juta untuk biaya bangun jalan,” jelasnya.

Purnawirawan dengan pangkat terakhir Sersan Mayor (Serma) ini menargetkan akan terus bangun jalan sejauh lima kilometer.

Meski masih berupa tanah dan bebatuan, belum berupa aspal, dia berharap ada perhatian dari pemerintah setempat agar aktivitas warga lain bisa terbantu.

“Dulu itu sudah banyak warga, petani, termasuk saya yang mengeluh soal jalan itu. Jadi kami harap ada bantuan dari dinas terkait soal infrastruktur jalan di sini,” tutupnya. (ishak/fajar)

Komentar

Loading...