Bangkitkan Perekonomian, Pakar Unhas Sebut Tujuh Sektor Ini Mesti Dibenahi Pemkot

Prof Marzuki Dea (baju putih/tengah)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya perbaikan ekonomi terus diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di tengah pandemi Covid 19. Sejumlah pelonggaran pun telah dilakukan.

Pakar ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Marzuki Dea mengatakan, ada tujuh sektor yang mesti dibenahi Pemkot Makassar jika ingin benar-benar membangkitkan kembali ekonomi.

“Pemkot hanya perlu menyelesaikan 7 persoalan sub sektor yang jatuh itu. Seperti penyediaan akomodasi makanan, transportasi, pergudangan, industri pengolahan, konstruksi dan jasa keuangan. Kalau ini positif, pasti akan mendongkrak ekonomi Makassar,” ungkapnya, Senin (7/9/2020).

Marzuki juga menilai stimulus bantuan tunai belum mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam waktu dekat. menyusul bantuan ini akan cenderung untuk disimpan, terlebih pandemi belum pasti kapan akan berakhir.

“Jadi kebijakan ekonomi yang ditempuh oleh pemerintah sebaiknya mempertahankan. jangan sampai jatuh lagi, karena ekonomi kemarin itu dari 6,7 persen turun jadi mines 3. Itu signifikan sekali. saya yakin periode selanjutnya jatuh lagi,”ujarnya.

Kendati demikian, prospek pertumbuhan ekonomi memasuki fase pemulihan. Perbaikan mulai terjadi di sektor perdagangan dan transportasi. Meski belum pulih secara total, namun diyakini ekonomi Makassar akan tumbuh di atas angka pada triwulan dua 2020.

“Prediksi ekonomi Makassar. Triwulan III hanya diangka -1,5 persen. Meski masih minus tapi sudah ada perbaikan dari periode sebelumnya yang minus 3 persen,” ujar Marzuki yang juga menjabat rektor STIM Nitro Makassar.

Komentar

Loading...