Covid-19 di Brasil dan India Makin Mengerikan

Para pria membawa kotak penutup peti jenazah ke pemakaman Kota Sao Pedro, di tengah penyebaran COVID-19 di Sao Paulo, Brasil, Kamis (14/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli/wsj/cfo

FAJAR.CO.ID, BRASILIA – Jumlah positif COVID-19 di Brasil bertambah 14.521 orang dalam 24 jam terakhir.

Data Kementerian Kesehatan Brasil yang rilis Minggu (6/9) juga menyebut terdapat penambahan 447 kasus kematian akibat COVID-19, dalam 24 jam terakhir. Kasus COVID-19 di Brasil kini mencapai 4,14 juta sejak pandemi melanda.

Sementara jumlah kumulatif kematian sebanyak 126.650, menurut data kementerian. Brasil menjadi negara dengan kasus dan kematian COVID-19 tertinggi kedua di dunia.

Sementara itu, India, yang kini melaporkan 4,1 juta kasus, mengonfirmasi 90.632 kasus baru COVID-19 pada Minggu.

Kondisi di India tidak menutup kemungkinan untuk menggeser posisi Brasil. Presiden Brasil Jair Bolsonaro sering berselisih paham dengan para pejabat dan pakar kesehatan dalam kiat menangani penyebaran pandemi.

Selama pandemi, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatannya dan memilih menteri kesehatan yang ketiga dari kalangan militer.

Dalam beberapa kesempatan Bolsonaro ikut ambil bagian dalam demo yang diselenggarakan oleh pengikutnya, dan mengatakan bahwa penutupan wilayah dalam menghadapi corona justru semakin membunuh warga Brasil.

Bolsonaro sempat tak mengenakan masker di tempat umum sehingga jaksa agung di Brazil memperingatkannya. (reu/ant/jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...