Sikap AS Kian Agresif, Begini Sindiran Keras Xi Jinping

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menyindir keras sikap Amerika Serikat yang terus memojokkan negaranya (CNBC.com)

FAJAR.CO.ID — Amerika Serikat semakin memojokkan Tiongkok dalam semua kebijakan.

Dalam sebuah acara untuk menandai peringatan 75 tahun kemenangan negaranya atas Jepang dalam Perang Dunia II, Presiden Tiongkok Xi Jinping melontarkan pernyataan keras yang bermakna sarkasme bahwa tak ada pihak manapun yang bisa mengganggu Tiongkok.

Awal pekan ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan kepada wartawan di Beijing soal isu AS-Tiongkok-Taiwan.

Menurutnya prinsip negaranya adalah dasar politik dan prasyarat fundamental untuk pembentukan dan pengembangan hubungan diplomatik Tiongkok-AS.

“Kami mendesak Amerika Serikat untuk mematuhi prinsip satu Tiongkok dan ketentuan dari tiga komunike gabungan Tiongkok-AS, untuk menghentikan hubungan substansial dengan Taiwan dan untuk menghentikan segala bentuk kontak resmi dengan Taiwan.

Tentunya agar tidak menyimpang lebih jauh menyusuri jalan yang salah,” tegas Hua Chunying seperti dilansir dari Express.co.uk, Senin (7/9).

Xi Jinping dalam pidatonya juga melontarkan pernyataan tegas. Dia menyinggung soal ancaman terhadap Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang telah memerintah Republik Rakyat Tiongkok sejak didirikan pada 1949.

“Orang-orang Tiongkok tidak akan pernah mengizinkan individu atau kekuatan apa pun untuk memisahkan PKT dan orang-orang Tiongkok, dan menentang satu sama lain,” tukas Xi.

“Orang-orang Tiongkok tidak akan pernah membiarkan individu atau kekuatan apa pun memutarbalikkan sejarah PKT, dan menjelekkan karakter dan tujuan PKT,” tegasnya.

Komentar

Loading...