Startup Swedia Luncurkan Truk Listrik Seberat 16 Ton

Truk listrik seberat 16 ton yang tampil dengan setir di tengah. (Carscoops)

FAJAR.CO.ID, TEKNO —  Startup Swedia Volta Trucks baru-baru ini meluncurkan Zero, truk listrik seberat 16 ton yang bakal dibuat secara masal di Inggris mulai 2022.

Sebagaimana diketahui, gagasan elektrifikasi kendaraan belakangan mulai dilirik tak hanya untuk sektor kendaraan kecil termasuk sepeda motor dan mobil pribadi, bahkan sampai ke sektor komersial semisal bus dan truk.

Diklaim sebagai kendaraan komersial 16 ton listrik penuh pertama yang dibuat khusus di dunia yang dirancang khusus untuk pengiriman dalam kota dan distribusi barang, Volta Zero menawarkan jarak tempuh 150-200 km. Validasi ini dilakukan menggunakan simulasi dengan muatan penuh.

Truk listrik akan menggunakan e-Axle inovatif untuk menggerakkan roda belakang, bukan motor listrik konvensional dan pengaturan poros penggerak.

Lebih khusus lagi, motor listrik tunggal, transmisi, dan poros terdapat dalam unit e-Axle yang ringan dan kompak yang lebih ringan dan lebih efisien.

Desain juga lebih kompak, memberikan manfaat pengemasan dengan mengosongkan ruang di antara rel sasis. Volta Trucks cocok dengan paket baterai Lithium Iron Phosphate, yang akan tersedia dengan kapasitas 160 – 200 kWh.

Menariknya lagi, kendaraan listrik komersial ini hadir dengan sistem kemudi yang unik. Truk listrik ini hadir dengan mekanisme kemudi yang tepat berada di tengah alias sentral.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...