JPU Kembalikan Aset PWI Sulsel, Pulihkan Nama Baik Zulkifli Gani Ottoh

Keterangan pers di lantai 19 Graha Pena bersama Zulkifli Gani Ottoh dan Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu, Senin, 7 September.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus dugaan komersialisasi lahan PWI Sulsel akhirnya tuntas. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar mengembalikan semua aset PWI Sulsel yang sempat disita.

Kasus ini sempat membelit Ketua PWI Sulsel periode 2010-2015, Zulkifli Gani Ottoh. Pria yang juga akrab disapa Zugito itu dinyatakan tidak bersalah setelah Mahkamah Agung menolak kasasi JPU.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Makassar juga menjatuhkan vonis bebas kepada Zulkifli Gani Ottoh. Unsur dakwaan tindak pidana korupsi dalam penyewaan gedung PWI tidak bisa dibuktikan.

Kasipidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Sinrang mengatakan, saat ini sementara melakukan pengembalian semua barang bukti. Termasuk buku rekening dan beberapa barang bukti milik Pemprov Sulsel.

“Sejak Kamis dan Jumat lalu telah berproses. Kini sementara pembuatan berita acara eksekusi semua putusan,” kata Sinrang, Senin 7 September.

Sinrang menutukan, dengan adanya surat pemberitahuan putusan Mahkamah Agung (MA), pihaknya kini sedang membuat berita acara untuk memulihkan hak Zulkifli Gani Ottoh dalam kemampuan, kedudukan, dan harkat serta martabatnya.

Putusan MA tertanggal 20 November 2019 Nomor 3903 K/PID.SUS/2019 dalam amar putusannya menyatakan menolak kasasi JPU dan membebankan biaya perkara negara.

“Saya sudah komunikasi dengan penasihat hukumnya untuk bertemu. Setelah semua berkas dan barang bukti dikembalikan, akan dibuatkan berita acara sesuai putusan untuk memulihkan hak dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya,” imbuhnya.

Komentar

Loading...