Sebut Mahasiswa Agen Perubahan, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Dunia Pendidikan Berjihad

Wakil Presoden (Wapres) KH Ma'ruf Amin -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Di tengah kondisi pandemi Covid-19 peran perguruan tinggi dan mahasiswa diharapkan dapat memberikan tantangan dan peluang dalam hal inovasi pembelajaran. Terlebih, mahasiswa bisa menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan, bahwa mahasiswa adalah kelompok elit dalam struktur masyarakat Indonesia. Untuk itu, mahasiswa harus menjadi agen perubahan bagi lingkungannya.

Menurutnya, tidak semua masyarakat dapat berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Jumlah penduduk Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi masih sangat terbatas.

Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS-BPS) Februari 2020, dari 137,91 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja, hanya sekitar 14,2 juta atau hanya 10,3 persen yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi.

“Sebagai kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia, mahasiswa harus menjadi agen perubahan. Jadilah agen yang konsisten untuk terus menyuarakan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi,” kata Ma’ruf, Senin (7/9).

Ma’ruf menekankan kepada seluruh mahasiswa, untuk tetap menjunjung identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Sebab, saat ini semua generasi muda dituntut mampu berkompetisi global.

“Identitas lokal tidak boleh dilupakan. Saya mengharapkan mahasiswa dapat mewujudkan semangat nasionalisme tersebut, sehingga sekalipun kita memiliki keunggulan kompetitif secara global, kita tetap berpijak pada ideologi dan kearifan lokal,” tuturnya.

Komentar

Loading...