Bawaslu Soroti Paslon Abaikan Protokol Kesehatan, Appi-Rahman Disebut Paling Patuh

Appi-Rahman saat mendaftar di KPU Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, menyoroti masih banyaknya pasangan calon di Pilkada 2020 yang mengabaikan protokol kesehatan.

Bawaslu mencatat, ada 141 bapaslon yang melanggar protokol kesehatan di hari pertama pendaftaran. Dan 102 bapaslon yang melanggar protokol kesehatan di hari kedua pendaftaran.

Temuan Bawaslu lainnya, ada sebanyak 20 bapaslon datang ke KPU untuk mendaftar tanpa membawa surat hasil pemeriksaan tes SWAB.

Hal itu diungkap Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Fritz Edward Siregar.

“Kami mengingatkan semangat penyelenggaraan Pemilihan 2020 yang sehat dengan penerapan protokol Covid-19 yang ketat. Ini bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu. Tapi juga ketegasan, Kepolisian, TNI, Satpol PP, Kemendagri serta Satgas Covid-19 untuk bisa melaksanakan Pemilihan 2020,” terang Fritz.

Seperti diketahui, tahap pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Pemilihan 2020 resmi ditutup pada pukul 24.00, Minggu 6 September 2020.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pencalonan (Silon), tercatat ada 687 bapaslon yang diterima pendaftarannya.

Dari jumlah tersebut, 22 bapaslon mendaftar untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 570 mendaftar untuk pemilihan bupati dan wakil bupati sementara 95 mendaftar untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

“Adapun untuk jumlah berdasarkan jenis kelamin, 1.233 bakal pasangan calon merupakan laki-laki dan 141 perempuan. Sebanyak 626 diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik dan 61 maju dari jalur perseorangan,” terang Ketua KPU RI Arief Budiman, Senin (7/9/2020).

Komentar

Loading...