Bela Puan Maharani, Ini Pernyataan Lengkap Ahmad Basarah

Rabu, 9 September 2020 10:44

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani-- (Dery/JawaPos.com)

Menurut Basarah, dari aspek teks maka secara keseluruhan sudah jelas pesan yang disampaikan Puan merupakan harapan dan doa kepada Sumbar yang dititipkan amanatnya kepada Mulyadi dan Ali yang didukung PDIP.

“Agar kalau mereka terpilih, mereka tetap menjaga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila,” kata Basarah.

Menurutnya, secara kultural Puan sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua DPR di Indonesia memiliki kewajiban moral dan politik untuk memastikan Pilkada 2020, khususnya kepada cagub dan cawagub yang didukung PDIP, tetap menjadikan Sumbar sebagai provinsi yang benar benar mendukung negara Pancasila.Selain itu, ujar dia, karena statusnya hanya mendukung bukan mengusung calon, maka Mulyadi dan Ali tidak diikutkan dalam sekolah partai. Karena itu, kata Basarah, Puan dalam kapasitasnya sebagai ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan yang juga ketua DPR menitipkan dan mengamanatkan kepada Mulyadi dan Ali dalam kesempatan tersebut.

“Kalau terpilih untuk memastikan Sumbar menjadi negara yang mendukung negara Pancasila. Jadi, konteks pesan dan amanat Mbak Puan itu disampaikan kepada Mulyadi dan Ali Mukni, yang didukung PDI Perjuangan,” kata Basarah.

Menurutnya, kalimat Puan itu mengonfirmasi kapasitas intelektualnya tentang sejarah politik Indonesia, terutama di dalam membentuk Pancasila sebagai dasar negara.

Ia menambahkan kalimat yang diucapkan itu didasari pemahaman Puan ketika belajar di Fakultas Ilmu Sospol UI terkait tiga tokoh Minang yakni M Yamin, M. Hatta, Agus Salim, bersama dengan para pendiri bangsa yang lain, memiliki peran sangat signifikan di dalam pembentukan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.“Mereka semua terlibat di keanggotaan BPUPKI, terlibat dalam Panitia 8, dan terlibat dalam Panitia 9 yang melahirkan Naskah Piagam Jakarta,” kata dia.

Komentar