Ilmuwan Tercengang Setelah Temukan ‘Karat’ di Bulan

Area biru dalam gambar komposit dari Moon Mineralogy Mapper (M3) di atas pengorbit Chandrayaan-1 Organisasi Penelitian Luar Angkasa India melihat spektrum batuan di sana, peneliti menemukan tanda-tanda hematit, suatu bentuk karat.(ISRO/NASA/JPL-Caltech/Brown University)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Sebuah studi yang baru diterbitkan mencatat bahwa bulan “berkarat”, membuat para ahli bingung dengan penemuan tersebut.

Penelitian yang dipublikasikan di Science Advances, mencatat bahwa karat mungkin disebabkan oleh air yang ditemukan di bulan, tetapi masih tetap mengejutkan, mengingat kurangnya oksigen dan kelangkaan air di satelit langit Bumi.

“Ini sangat membingungkan,” kata penulis utama studi tersebut, Shuai Li dari University of Hawaii. Bulan adalah lingkungan yang mengerikan untuk terbentuknya hematit.

Li sedang melihat data dari JPL Moon Mineralogy Mapper ketika peneliti menyadari bahwa instrumen mendeteksi “spektrum – atau cahaya yang dipantulkan dari permukaan – yang mengungkapkan bahwa kutub bulan memiliki komposisi yang sangat berbeda dari yang lain,” tambah pernyataan itu.

“Meskipun proses pengoksidasi telah berspekulasi untuk beroperasi di permukaan bulan dan membentuk mineral bantalan besi, deteksi yang jelas dari mineral besi yang terbentuk di bawah kondisi yang sangat berkurang di bulan tetap sulit dipahami,” tulis para peneliti.

Karat, yang juga dikenal sebagai oksida besi, membuat Mars berwarna kemerahan.

“Awalnya, saya sama sekali tidak percaya. Itu seharusnya tidak ada berdasarkan kondisi yang ada di bulan, “rekan penulis studi, ahli geosains planet JPL NASA, Abigail Fraeman.

Dengan tidak adanya atmosfer yang menyediakan oksigen di bulan dan angin matahari matahari yang mengirimkan hidrogen para ilmuwan bingung dari mana asal karat tersebut. Namun, mereka yakin itu bisa berasal dari Bumi, mengingat bulan memang memiliki “jumlah jejak oksigen” berkat medan magnet Bumi.

KONTEN BERSPONSOR