India Salip Brazil, 4,2 Juta Warganya Terinfeksi Covid-19

ilustrasi. (net)

FAJAR.CO.ID — Kasus positif Covid-19 di India meningkat signifikan. Negara Bollywood itu kini berada di posisi kedua, menyalip Brazil, dalam jumlah kasus positif Covid-19 di dunia. Sedangkan, Amerika Serikat (AS) masih nangkring di peringkat pertama.

Dikutip dari Channel News Asia, dari data Kementerian Kesehatan India, saat ini, negara di Asia Selatan itu mencatat total 4,2 juta kasus infeksi virus tersebut.

Jumlah itu melampaui Brazil yang mencatatkan 4,12 juta kasus positif. Sedangkan AS masih me nempatkan urutan pertama dengan jumlah pasien positif sebanyak 6,25 juta orang.

Di saat yang sama, India mencatat 71.642 kematian. Sementara Brazil sebanyak 126.203. Dan AS 188.540. Menurut sejumlah ahli, angka kematian di Negeri Hindustan sebenarnya jauh lebih tinggi. Karena terbatasnya jumlah tes yang dilakukan. Dan catatan kematian yang diperkirakan kurang tepat.Sejak Agustus lalu, negeri berpenduduk 1,3 miliar itu mencatat penambahan kasus harian yang cukup tinggi. Bahkan salah satu yang tertinggi di dunia.

Minggu (6/9), disebutkan ada penambahan jumlah kasus mencapai 90 ribu. Penambahan kasus dari tiga juta ke empat juta hanya dalam kurun waktu 13 hari.Shahid Jameel, ahli virologi yang mengepalai Wellcome Trust/DBT India Alliance, mengatakan, faktor kunci yang harus diperhatikan adalah tingkat pe nambahan infeksi.

Menurutnya, saat ini tingkat penambahannya sudah mengkhawatirkan. Selama dua pekan terakhir, ratarata kasus harian bertambah dari 65 ribu menjadi 83 ribu. “Itu berarti meningkat sebanyak 27 persen selama dua pekan atau sekitar dua persen per hari,” papar Jameel.

Komentar

Loading...