Musim Kemarau, Perumda Air Minum Kota Makassar Siapkan Tiga Pompa Penyedot Air

Kabag Humas Perumda Air Minum Kota Makassar, Muh Rusli

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar tengah menyiapkan tiga pompa air. Mengantisipasi kelangkaan air dalam menghadapi musim kemarau.

Kabag Humas Perumda Air Minum Kota Makassar, Muh Rusli menuturkan, pengadaan pompa air difungsikan untuk menjaga suplay air agar tetap terjaga selama musim kemarau berlangsung.

“Dalam menghadapi kemarau, Perumda memasang dua pompa penyedot air di Sungai Moncongloe, dekat bendungan regulasi Nipa-nipa,” ujarnya, Rabu (9/9/2029).

Menurut Rusli, tiga pompa penyedot dikhususkan untuk membantu Instalasi Pengolahan Air (IPA) Panaikang yang sumber airnya berasal dari bendungan Lekopancing yang setiap musim kemarau mengalami kekurangan air.

“Kalau misalnya air baku dari Bendungan Lekopancing mulai menurun itu kemudian ditambah debit airnya dari sungai Moncongloe. Itu dipompakan masuk di saluran,” papar Rusli.

Untuk kekuatan, dua pompa yang disediakan bisa mennyupali air hingga 300 liter per detik. Sementara untuk pompa air di Jeneberang 150 hingga 200 liter per detik.

“Itu di sana (Bendungan Nipa-nipa) dua pompa air bisa 300 liter per detik. Ada juga pompa suplai dari imtek Malengkeri Sungai Jeneberang di sana itu bisa menghasilkan 150 sampai 200 liter per detik. Semuanya untuk mengairi IPA Panaikang,” sebutnya.

Kendati demikian, tiga pompa yang disediakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air dari IPA Panaikang yang mencapai 1300 liter per detik. Hanya bisa menutupi stengahnya.

Komentar

Loading...