Pernyataan Hasril Chaniago soal PKI Jadikan Nama Arteria Dahlan Trending di Twitter

Arteria Dahlan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Nama Hasril Chaniago jadi perbincangan luas di jagat maya usai tampil di Indonesia Lawyers Club (ILC) dengan tema ‘Sumbar Belum Pancasila?’, pada Selasa (8/9) malam.

Tokoh Pers Sumatera Barat ini memaparkan bahwa akar permasalahan dari pernyataan Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani yakni dari pemahaman terhadap sejarah.

Hasril mengatakan bahwa Presiden Soekarno sangat disayangi oleh masyarakat Sumbar tempo dulu. Dia dieluh-eluhkan sebab Soekarno merupakan sahabat dari Muhammad Hatta yang merupakan orang Minang.

Namun, seiring berjalannya waktu, Soekarno mulai dibenci oleh masyarakat Sumbar. Sebab dia dianggap memasukan komunis di dalam pemerintahan. Alhasil, Partai Nasional Indonesia (PNI) selalu kalah di Sumbar.

Di sela-sela pemaparannya, Hasril kemudian menyentil Politikus PDIP Arteria Dahlan yang juga hadir di ILC. Hasril mengatakan, Arteria memiliki garis keturunan dengan pendiri PKI di Sumbar.

“Arteria Dahlan itu mamaknya itu Bachtaruddin, nama kakeknya itu. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota konstituante setelah Pemilu 1955,” kata Hasril Chaniago.

Pernyataan wartawan senior ini menjadikan nama Arteria Dahlan jadi trending topik di twitter sejak Rabu (9/9) pagi.

“Kenapa kita tidak memahami sejarah? hal tersebut bisa terjadi juga dengan Puan, dengan siapa saja ya. Salah ucap, sengaja atau tidak, karena tidak memahami sejarah,” kata Hasril.

Komentar

Loading...