Rusia Akhirnya Rilis Vaksin Covid-19 ke Publik, Pertama di Dunia

Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto: Daily Sabah

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada pertemuan tersebut mengonfirmasi vaksin yang dikeluarkan di Rusia itu merupakan yang pertama di dunia, sementara negara lain masih mengembangkan studi klinis vaksin COVID-19.

Murashko mengatakan, vaksin baru tersebut setelah melewati seluruh pemeriksaan yang diperlukan, dapat membentuk kekebalan tubuh yang stabil.

Sejumlah pakar kesehatan khawatir terhadap Sputnik V, karena berdasarkan laporan di jurnal The Lancet, uji klinisnya baru dilakukan terhadap puluhan orang.

Muncul kekhawatiran mengenai kecepatan Rusia dalam mengembangkan vaksin, dengan dugaan adanya sejumlah ilmuwan yang mungkin melewati beberapa prosedur.

Dua uji klinis Sputnik V telah dilakukan antara Juni dan Juni lalu. Dalam laporan di The Lancet, masing-masing uji klinis melibatkan 38 relawan yang berada dalam kondisi sehat.

Terdapat beberapa efek samping yang dirasakan para peserta, seperti sakit kepala atau nyeri persendian. Uji klinis Sputnik V bersifat terbuka dan tidak acak, yang artinya semua relawan mengetahui mereka disuntik vaksin eksperimental. (fin)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...