Samsung Ajukan Patenkan Ponsel Transparan

Mock-up paten Ponsel Transparan Samsung. (LetsGoDigital)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Jika Anda mengira ambisi ponsel lipat Samsung itu aneh, Anda mungkin ingin memikirkannya lagi setelah paten muncul yang menyatakan ponsel cerdas transparan sedang dalam pengerjaan.

Paten yang diajukan pada Januari tetapi baru muncul pada Agustus, menjelaskan langkah-langkah rumit dan teknologi yang diperlukan untuk membuat ponsel transparan.

Setiap piksel pada tampilan ponsel memungkinkan cahaya melewatinya, secara efektif membuat layar menjadi transparan. Dalam gambar paten Samsung, layar transparan tersebut menyerupai jendela tempat tangan pemegangnya dapat terlihat. Hanya bezel yang tampak buram.

Paten ditemukan oleh blog teknologi Belanda LetsGoDigital yang juga menyediakan mock-up dari perangkat tersebut. Ponsel transparan berguna bagi siapa pun, selain pengintai layar kronis di transportasi umum, ini akan menjadi alat pemasaran yang hebat untuk Samsung.

Impian ponsel transparan bukanlah hal baru. LG sempat merilisnya pada tahun 2009 dengan GD900, tetapi hanya menampilkan keypad transparan. Sony Ericsson menindaklanjuti dengan Xperia Pureness yang memang memiliki tampilan transparan. Tapi itu tidak terlalu bagus.

Samsung telah mengembangkan tampilan OLED transparan di masa lalu, tetapi digunakan untuk papan nama. Di ponsel cerdas, di mana ruang untuk perangkat keras terbatas, teknologi menjadi sedikit lebih rumit.

Perusahaan perlu menemukan cara untuk menaungi baterai dan komponen lainnya agar tidak mengganggu tampilan transparan, atau membuat elemen tersebut juga transparan.

Komentar

Loading...