Waspadai Pintu Setan, Ini Tips dari KH Mudzakkir Arif


FAJAR.CO.ID — Semua orang memahami bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Akan tetapi, bagaimana cara mewaspadai godaan setan?

Cheria Holiday lewat Sekolah Haji dan Umroh membahasnya lewat materi yang dibawakan oleh Dr KH Mudzakkir Arif MA yang disiarkan secara langsung di laman Facebook Cheria Holiday (9/9/2020).

Kiat pertama, kita perlu memahami titik-titik lemah diri sendiri dalam hal dosa. “Ada orang yang lemah dalam uang, jabatan, lawan jenis, popularitas atau bahkan pujian,” katanya.

Memahami titik lemah berarti memperkuat diri agar tidak tergoda oleh setan lewat titik-titik tersebut. Selain itu, juga perlu mempelajari cara melawan setan.

Ulama lulusan LIPIA dan Jami’ah Imam di Riyadh tersebut menjelaskan bahwa, setan menjauh kalau manusia berzikir. Artinya, jika seseorang berzikir maka setan pasti menjauh. Maka, membiasakan zikir pagi dan petang adalah solusi untuk melawan setan.

Penulis kitab Asshidqu Fil Qur’anil Karim yang diterbitkan di Riyadh tersebut juga memberikan tips ketiga, yaitu menghindari kondisi-kondisi yang rawan terhadap godaan setan. Kondisi rawan ini berbeda satu dan lainnya, namun semua orang perlu menghindari kondisi rawan seperti sedih yang berlebih atau senang berlebihan.

Menjalin persahabatan yang akrab dengan orang-orang salih merupakan kiat keempat agar terhindar dari godaan setan. Orang saleh akan mendekatkan kita dengan kebaikan. Kita jadi senang, terbiasa, dan menjadi diingatkan untuk senantiasa meningkatkan ibadah kepada Allah.

Komentar

Loading...