DPR Setujui Pagu Anggaran Bappenas Tahun 2021 Sekitar Rp1,7 Triliun

Anggota Komisi XI DPR, Amir Uskara

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Komisi XI DPR RI menyetujui usulan anggaran Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam RAPBN 2021 sebesar Rp 1,77 triliun.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara menguraikan bahwa besaran anggaran itu terbagi untuk program perencanaan pembangunan nasional sebesar Rp 981,2 miliar dan program dukungan manajemen sekitar Rp 789,14 miliar.

“Menteri PPN atau Kepala Bappenas selanjutnya akan mengoptimalkan fungsi pengendalian, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan nasional agar kualitas belanja kementerian dan lembaga bisa efesien dan efektif. Poin berikutnya, penjelasan mengenai output, outcome, dan result program yang dilakukan juga perlu dilengkapi, sehingga terlihat manfaat yang diperoleh rakyat dari program yang disusun,” kata Amir dalam keterangannya, Kamis (10/9/2020).

Jika dibandingkan dengan pagu anggaran pada 2020, anggaran yang disetujui tersebut memang mengalami penurunan dari Rp 1,82 triliun. Namun jika dibanding pagu indikator 2021 yang diajukan sebelumnya yakni Rp 1,5 triliun, ada peningkatan sekitar Rp 240 miliar.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa kenaikan pagu tersebut ditujukan untuk melaksanakan kegiatan program prioritas yang terhenti pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

“Tambahan anggaran diutamakan untuk melanjutkan program prioritas yang tidak dapat dilanjutkan akibat pandemi Covid-19. Walaupun ada penambahan pagu anggaran ini lebih kecil dari alokasi 2020 sebelum pemotongan,” kata Suharso.

Komentar

Loading...