Kapal Nelayan Berpenumpang 15 Orang Tenggelam, Begini Respons Tim SAR

Simulasi operasi SAR pencarian penumpang kapal. (Dok, Basarnas Makassar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kapal nelayan KM Tuna Sejati 01 dengan rute Paotere – Perairan Selayar dilaporkan tenggelam sekitar 13,16 NM di sekitar Perairan Pulau Samalona, Kamis (10/9/2020) pagi.

Kapal yang memuat 15 orang ini pada pukul 06.35 wita dikabarkan tenggelam dikarenakan mengalami kebocoran setelah berlayar sekitar satu jam di perairan selat makassar.

Tim rescue basarnas makassar, ABK KN Sar Kamajaya juga pihak TNI AL dan Polairud serta instansi dan organisasi sar terkait segera melakukan pencarian menggunakan perahu karet dan RIB (Rigid Inflatable Boat) di lokasi kecelakaan kapal.

Posko di dermaga cargo Pelabuhan Soekarno Hatta pun segera dibuat dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Mustari selaku SMC mengambil komando untuk mengerahkan pergerakan dalam pencarian dan pertolongan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Mustari mengatakan bahwa ini adalah skenario kegiatan uji operasi pencarian dan pertolongan sebagai kelanjutan dari kegiatan materi yang telah disampaikan kemarin.

“Pelaksanaan uji operasi pencarian dan pertolongan ini menguji respon time serta kesiapan dan kemampuan personil serta alut yang digunakan saat operasi sar terjadi,” kata Mustari.

Mustari menambahkan bahwa salah satu keberhasilan pelaksanaan operasi sar selain kesiapan personil dan alut adalah kerjasama yang baik dengan potensi sar yang berada di lapangan saat operasi SAR.

Komentar

Loading...