Kasus Covid Meningkat, Rudy Djamaluddin: Penularan Banyak Terjadi di Pesta, Warkop dan Rumah Makan

Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin. (Ikbal/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tingkat penyebaran kasus Covid-19 di Kota Makassar kembali naik beberapa hari belakangan. Padahal sempat menunjukkan tren positif dengan penurunan dalam satu bulan terakhir.

Mencegah kasus terus tumbuh, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengungkapkan, pihaknya akan terus mengetatkan protokol kesehatan di tempat umum seperti warrung kopi, pesta pernikahan, dan rumah makan. Dikarenakan tempat itulah yang paling berpotensi menjadi tempat penyebaran virus covid 19.

“Hasil rapat kemarin dengan Forkopimda, kita akan perketat potensi penularan yang sebenarnya banyak terjadi di malam hari. Seperti pesta pernikahan kemudian di rumah makan, warkop-warkop. Itu kita tetap pertegas,” kata Rudy, Rabu (9/9/2020).

Rudy menyampaikan, penambahan jumlah kasus positif disebabkan adanya penundaan pemeriksaan sampel dari beberapa laboratorium. Sehingga ketika data diolah, maka hasilnya akan langsung terlihat tinggi.

“Ini baru kecederungan, karena efek adanya penundaan pengetesan sampel yang ada di laboratorium. Sehingga terjadi penumpukan. Tentu berdampak pada angka Rt itu sendiri,” urainya.

Saat ini, kata Rudy, pihaknya telah mengerahkan tim khusus untuk mendeteksi penyebab lonjakan kasus beberapa hari terakhir. Apakah terjadi penurunan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan atau penumpukan yang terjadi di laboratorium.

“Tim epidemologi kita sedang bekerja memantau secara ketat. Apakah terjadi peningkatan penularan di tengah masyarakat atau hanya akibat tertundanya data-data yang terkumpul akibat lambannya pengetesan,” tambahnya.

Komentar

Loading...