Kondisi Ekonomi Mulai Merangkak, Nilai Ekspor Sulsel Meningkat

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Nilai ekspor Sulawesi Selatan mengalami peningkatan pada bulan Juli 2020 dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel, tercatat nilai ekspor yang dikirim melalui pelabuhan Sulawesi Selatan pada bulan Juli 2020 mencapai US$ 104,04 juta. Sedangkan pada bulan Juni 2020 sebesar US$ 93,15 juta.

Diketahui angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 11,69 persen.

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah mengatakan nilai ekspor Sulsel meningkat lantaran salah satunya didukung oleh tingginya permintaan dari Luar Negeri terhadap beberapa komoditas di Sulawesi Selatan.

“Ini menunjukkan permintaan Luar Negeri terhadap komoditi di Sulsel cukup tinggi, seperti Jepang, Malaysia, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Australia,” ucapnya saat dikonfirmasi fajar.co.id, Kamis (10/9/2020).

Tingginya permintaan komoditi Sulsel dari Luar Negeri, kata dia, juga membuktikan bahwa kondisi ekonomi di beberapa negara mulai membaik.

“Iya di beberapa negara seperti AS, Malaysia, Jepang itu ekonominya mulai membaik,” ungkapnya.

Ia menyebut komoditi eskpor yang mengalami pertumbuhan positif di Sulsel di antaranya nikel, rumput laut, besi, baja, ikan dan udang.

Bahkan, Yos mengaku dari kegiatan ekspor Sulsel yang menunjukkan peningkatan mampu memberikan kontribusi dan berpengaruh terhadap ekonomi Sulawesi Selatan.

“Dengan begini tentu memberikan dampak baik terhadap ekonomi masyarakat Suslel,” tandasnya.

Komentar

Loading...