Samsung dan LG Hentikan Pasokan Layar ke Huawei

Ilustrasi layar Huawei Mate 20 Pro. (Huawei)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Huawei telah mengalami 18 bulan yang buruk, karena larangan AS berarti layanan Google Seluler hilang, pasokan chipset dari berbagai pihak ketiga, dan layanan pembuat chip TSMC. Namun tampaknya keadaan bisa menjadi lebih buruk bagi Huawei.

Outlet berita Korea Selatan, Chosun Biz melaporkan bahwa LG dan Samsung telah memutuskan untuk menangguhkan pasokan layar smartphone “premium” ke Huawei. Penangguhan tersebut diberlakukan mulai 15 September.

Huawei umumnya beralih ke LG dan Samsung, bersama dengan BOE China sendiri untuk kebutuhan tampilan. Jika LG dan Samsung menghentikan pasokan layar berarti bahwa BOE kemungkinan akan menjadi pemasok tunggal.

Namun, Chosun Biz juga menambahkan bahwa Huawei sedang menguji layar dari perusahaan lokal seperti Visionox, Tianma, dan CSOT.

Seorang pejabat industri mengatakan kepada publik bahwa Huawei mungkin juga mengalami kesulitan dalam mendapatkan komponen penting seperti chip pengontrol layar dan sentuh.

Sepertinya layar dan chip bukanlah satu-satunya komponen yang terancam Huawei, karena Samsung Electronics dan SK Hynix dilaporkan juga telah menangguhkan kesepakatan dengan perusahaan tersebut.

Ini berpotensi menjadi ancaman besar bagi Huawei, karena merek tersebut telah lama menjadi pemasok RAM dan penyimpanan flash untuk produsen ponsel cerdasnya.

Semua ini memberikan gambaran tentang tantangan yang sangat besar bagi Huawei, karena perusahaan harus bergantung pada mitra domestik atau teknologi buatan sendiri untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh perusahaan AS (atau perusahaan yang menggunakan teknologi turunan AS).(fajar)

Komentar

Loading...