Syarat Perjalanan ke Luar Kota Rapid Test Diganti Pemeriksaan Suhu, Begini Penjelasan Diskes Makassar

Rapid Test

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin membantah adanya pergantian syarat keluar kota dari rapid test ke pemeriksaan suhu tubuh saja.

Naisyah menegaskan bahwa kabar yang beredar luas di media adalah berita tidak benar atau hoax. Dengan begitu, rapid test maupun swab akan tetap menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak ke luar kota.

“Itu dari Kemenkes bahwa periksa rapid perjalanan dihapuskan. Itu tidak benar, itu (rapid test) tetap. Hoax itu (rapid dihapuskan),” ujar Naisyah saat ditemui, Kamis (10/9/2020).

Kata Naisyah, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan bantahan terkait kabar yang beredar tersebut. Olehnya, masyarakat harus pintar menyaring berita yang diterima dan tidak langsung menyimpulkan.

“Bahkan, kini sudah ada bantahan langsung dari Kemenkes,” sambung Naisyah.

Ia menambahkan, syarat rapid atau swab untuk melakukan perjalanan keluar kota telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK). Akan terus berlaku selama tidak dicabut.

“Yang mengatur perjalanan sudah ada PMK nya, selama PMK itu tidak dicabut masih akan tetap berjalan,” tandasnya.

Saat ini penggunaan rapid test masih berlaku berdasarkan Kepmenkes nomor HK.01.07/MENKES/413/2020, mengenai definisi operasional kasus Covid-19 yakni kasus probable, kasus konfirmasi, pelaku perjalanan, dan Discarded masih berlaku. (ikbal/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...