Tiga ASN Diskes Maros Terpapar Covid-19

Petugas medis Tiongkok melakukan test swab COVID-19 di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang. Foto: Reuters

FAJAR.CO.ID, MAROS — Tiga orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu, (09/09/2020).

Sekretaris Dinas Kesehatan Maros, dr Jonet Novianto, mengatakan, pihaknya sudah melakukan SWAB terhadap 53 ASN diskes pada Rabu, 9 September. Sebelumnya, juga ada 22 orang ASN melakukan SWAB. “Totalnya sudah 75 orang ASN,” katanya, kemarin.

Dia menjelaskan awalnya pada 3 September lalu ada permintaan rapid test dari Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Dari 31 ikut rapid, hasilnya ada 7 reaktif. Kami kemudian melakukan pemeriksaan lanjutan berupa SWAB, ada satu orang positif,” katanya.

Setelah diumumkan positif, pihaknya kemudian menindaklanjuti dengan melakukan SWAB test sebanyak 22 orang Senin, 7 September lalu. “Hasilnya dua orang positif lagi. Sehingga totalnya tiga orang,” katanya.

Diakuinya mereka yang dinyatakan positif ini merupakan staf di Diskes dan bukan tenaga kesehatan. “Sekarang ada yang isolasi di hotel di Makassar dan ada yang isolasi mandiri di rumahnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Survilens dan Imunisasi Dinkes, Rusmawati, mengatakan pihaknya belum mengetahui dimana ketiga orang itu terpapar. Namun dari informasi yang diperoleh jika ASN tersebut pernah melakukan kegiatan dinas di salah satuhotel di Maros.

Terpisah Bupati Maros, HM Hatta Rahmam mengimbau diskes melakukan SWAB total. Pegawai yang positif diwajibkan melakukan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).Hatta juga mewajibkan seluruh ASN untuk lebih memperketat protokol kesehatan Covid-19.

Komentar

Loading...