Tolak Sidang Online, Jerinx Pilih Walk Out, JPU Tetap Bacakan Dakwaan

Sidang online yang sempat diikuti Jerinx, sebelum akhirnya walk out.

FAJAR.CO.ID, BALI-Sidang perdana kasus UU ITE dengan terdakwa musisi Jerinx berlangsung menghebohkan, Kamis (10/9/2020).

Pasalnya, pemilik nama lengkap I Gede Ari Astina itu sangat keberatan atas sidang yang dilaksanakan secara online. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan ini memang digelar secara online. Majelis hakim memimpin sidang dari PN Denpasar, sedangkan jaksa penuntut umum dari Kantor Kejaksaan Negeri Denpasar. Terdakwa dan kuasa hukumnya berada di Polda Bali.

Protes Jerinx dan pengacaranya tak berbuah hasil sidang terus berjalan, hingga dia memilih keluar dari sidang alias walk out. “Maaf, Yang Mulia, saya sebagai terdakwa menolak sidang secara online. Jika dipaksakan saya memilih keluar dari sidang ini,” kata JRX, kemudian ia berdiri dan meninggalkan ruang sidang di Polda Bali.

“Mohon maaf, Yang Mulia, saya tetap menolak sidang online. Karena saya merasa hak-hak saya tidak terwakilkan sepenuhnya. Yang Mulia juga tidak bisa melihat gestur saya. Yang Mulia juga tidak bisa membaca gestur tubuh saya. Kemungkinan keputusan-keputusan yang diambil nanti kurang tepat,” kata JRX kepada hakim.

Kuasa hukum JRX, Sugeng juga sudah menyampaikan agar sidang JRX digelar secara langsung. Juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya dilakukan rapid test semua yang hadir, dan ditanggung negara. Itu dilakukan agar melindungi semua yang hadir, juga melindungi hak-hak terdakwa.

Komentar

Loading...