Akademisi: Program Macca dari Dilan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Akademisi dari UMI Makassar, Muhajir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah satu program besar yang digagas Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) adalah program Macca alias Makassar Cerdas dan Ceria.

Program Macca oleh banyak pihak dinilai dapat mengatasi sejumlah problematika pendidikan Kota Makassar, meski program ini sendiri juga meliputi aspek kesehatan, ekonomi dan keagamaan.

Akademisi dari UMI Makassar, Muhajir, berpendapat program Macca dapat menjadi solusi permasalahan klasik pendidikan, khususnya pada sub-program Baruga Macca (Smart Network) dan Sekolah Sombere.

Program ini memberi harapan peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan, baik untuk tenaga pendidik maupun peserta didik. Istimewanya lagi, ruang lingkupnya paripurna, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

“Saya sempat simak saat deklarasi kandidat beberapa waktu lalu dan cukup tertarik dengan program Macca ini. Kalau benar-benar dapat direalisasikan pastinya bisa mengatasi problematika pendidikan kita, mulai dari akses pendidikan, pemerataan satuan pendidikan hingga kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan,” kata lulusan S-3 Universitas Teknologi Malaysia ini, Jumat (11/9/2020).

Menurut Muhajir, program Dilan di bidang pendidikan terbilang komprehensif dan progresif. Programnya terlihat memang disusun berdasarkan fenomena di lapangan dan merujuk kebutuhan masyarakat. Ia pun tidak ragu dengan kemampuan dan kepedulian Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal. Apalagi, Deng Ical berstatus doktor administrasi ilmu publik dari kampus pencetak guru: Universitas Negeri Makassar (UNM).

Komentar

Loading...