Amien Rais Segera Bentuk Partai Baru, DPP PAN: Efeknya Kecil

Amien Rais dan putranya, Hanafi Rais (Kanan). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID — Keputusan Amien Rais yang berencana mendirikan partai baru dianggap tidak akan berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara PAN ke depan.

Itu dikemukakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi. Dia mengaku tetap menghargai keputusan Amien Rais.

Menurut Viva, jika partai itu terbentuk, otomatis persepsi publik pun berubah terhadap PAN. Misalnya, kata dia, publik akan menilai Amien Rais telah meninggalkan dan keluar dari PAN setelah membentuk partai baru.

Walakin, Amien tetap tercatat sebagai pendiri PAN.

“Jika Pak Amien mendirikan partai politik baru, masyarakat akan menilai, PAN tidak identik lagi dengan Pak Amien Rais,” kata Viva kepada awak media, Jumat (11/9). Viva turut menyinggung kemungkinan nama partai baru Amien memakai PAN Reformasi.

Menurut dia, pemakaian nama PAN di partai baru tersebut adalah sesuatu yang wajar. Sebab, Amien masih berharap akan mendapatkan efek elektoral dari PAN yang sejak pemilu 1999 sampai 2019 lolos di DPR RI.

“Menurut saya, kalaupun ada efek elektabilitas, getarannya sangat kecil alias nonsignifikan,” ujar pria yang juga menjabat juru bicara PAN ini.

Setidaknya, Viva membeber dua alasan yang menyebabkan pemilih PAN tidak berpindah ke PAN Reformasi bentukan Amien.

Pertama, kata dia, masyarakat akan menilai bahwa itu adalah partai politik baru, bukan PAN yang asli. Namun, partai politik baru yang ingin mendapatkan efek politik dari nama PAN.

Komentar

Loading...