Anies Baswedan Takut RS Penuh, Airlangga Hartanto Contohkan Sulsel

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran yang cukup untuk terus menambah kapasitas layanan kesehatan khususnya Rumah Sakit di Jakarta, seiring dengan makin bertambahnya jumlah angka positif Covid-19 di ibu kota.

“Tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas, kami meyakinkan bahwa seluruh daerah termasuk DKI Jakarta kapasitas pelayanan kesehatan akan terus dimaksimalkan oleh pemerintah,” kata Menko Airlangga saat konferensi pers secara daring bersama BNPB dan Menteri Kesehatan, Kamis (10/9).

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan bahwa nantinya pemerintah juga akan memanfaatkan layanan penginapan hotel sebagai penambah kapasitas layanan kesehatan apabila diperlukan.

“Termasuk memanfaatkan hotel bintang dua dan tiga seperti yang dicontohkan di Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga menyarankan kepada pihak Rumah Sakit rujukan Covid-19 untuk senantiasa melakukan relaksasi kepada pasien yang hampir sembuh.

“Itu di wisma atlet fasilitasnya tersedia,” tukasnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pertumbuhan kasus positif di Jakarta mencapai 13,2 persen hanya dalam waktu satu minggu.

Di mana jumlah tersebut kata Anies Baswedan, merupakan angka pertumbuhan tertinggi selama awal pandemi Covid-19 di Jakarta.

Melihat kondisi tersebut dirinya merasa khawatir dengan kondisi ketersediaan Rumah Sakit.

“Bila jumlah yang membutuhkan perawatan makin hari makin banyak di atas kemampuan kapasitas Rumah Sakit dan jumlah tenaga medis, maka kita semua akan menghadapi masalah besar,” katanya. (jpnn/fajar)

Komentar

Loading...