Jimly Asshiddiqie: Kita Butuh Pemimpin yang Punya Moral, Bukan Sibuk Ambil Keuntungan Sendiri

Anggota DPD Prof Jimly Asshiddiqie -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie membahas mengenai kepemimpinan yang dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini.

“Untuk kesinambungan dan keberlanjutan kemajuan peradaban bngsa, model kepemimpinan yang dibutuhkan adalah moral & transformational leadership,” tulisnya di akun Twitternya, Jumat (11/9/2020).

Dia lantas menyindir sosok pemimpin yang sibuk mencari keuntungan sendiri. Termasuk pandai bicara dan terlihat sibuk bekerja untuk pencitraan.

“Bukan yang sekedar transactional, yang cuma sibuk ambil keuntungan sndiri & merasa cukup dengan banyak berkata-kata & trlihat sibuk bekerja,” kata Ketua ICMI itu.

Baca juga: Cium Aroma Saling Jegal untuk Pilpres 2024, Jimly Asshiddiqie: Pusat Kok Beroposisi ke Pemda 

Di cuitan lainnya, mantan ketua DKPP ini juga menjelaskan syarat sosok pemimpin yang pantas memimpin sebuah negara atau organisasi besar.

“Kepemimpinan organisasi besar & modern, apalagi negara, tidak lain berkenaan dengan sistem, yaitu (1) bangun & tata sistem dengan aturan, (2) gerakkan berfungsinya dalam praktik, (3) tegakkan dengan adil & (4) jadikan dirimu sndiri sebagai contoh tentang berfungsinya sistem aturan itu dengan ketulusan,” tutupnya. (msn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...