Kadinkes Sulsel : Kapal Ambulans Laut yang Dihibahkan ke Pemda Efisien dan Efektif

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, dr Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID, SULSEL — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, dr Ichsan Mustari menegaskan, pengoperasian Ambulans Laut untuk masyarakat pulau akan semakin efektif. Di 2021, anggaran operasionalnya telah disiapkan.

“Ambulans laut yang di Pangkep itu sudah diserah terimakan kepada pemerintah daerah. Sementara, di 2020 pemda memang tidak siapkan anggaran untuk itu,” ungkapnya, Jumat (11/9/2020) saat dihubungi via telepon.

Menurutnya, karena Plt Dinkes Kabupaten Pangkep baru dilantik sehingga belum tahu kondisinya. Kata dia, tidak ada masalah yang cukup besar, kini pemda melalui Dinkes sudah menyiapkan anggaran di 2021.

“Soal pembiayaan, saya kira pemerintah Makassar, Kabupaten, dan Provinsi tentu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyatnya, utamanya kesehatan. Kalau kabupaten merasa Rp50 juta perbulan cukup atau lebih yah komunikasikan. Tidak mungkin anggaran diperbesar jika penggunaannya sedikit, begitupun sebaliknya, jika kurang bisa saja ditambah. Toh, kita ada laporan pertanggung jawaban,” jelasnya.

Terkait penggunaan Ambulans Laut yang mesinnya dinilai boros, Ichsan Mustari dengan tegas menampik hal tersebut. Menurutnya, performa mesin sudah sejalan dengan efesiensinya.

“Ini sama sekali tidak boros dan tidak jarang digunakan. Ambulans ini lebih memprioritaskan ibu hamil, kalaupun ada kasus darurat juga bisa dipakai. Jika mau dibandingkan, kan mesin Ambulans Laut memang besar karena diperlukan kecepatan. Tujuan pengadaannya jelas sekali kok,” tambahnya.

Komentar

Loading...