Kalimat Tanya Rizal Ramli, Jokowi Itu Presiden Bukan? Said Didu: Sepertinya Sudah Diatur

Ekonom Senior Rizal Ramli. Foto: RM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keputusan Gubernur Anies Baswedan yang kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) mendapat tentangan.

Salah satunya dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menyebut bahwa PSBB ketat Anies itu menyebabkan kejatuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Menanggapi hal itu, ekonom Rizal Ramli meminta Airlangga agar tidak mengaitkan jatuhnya bursa saham dengan penerapan PSBB di DKI Jakarta.

“Bung Airlangga jangan suudzon dan cetek. Jangan asal kaitkan PSBB dengan jatuhnya bursa,” kata Rizal Ramil di akun Twitternya, Kamis malam (10/9).

Rizal mengatakan, bukan hanya Indonesia, bursa saham Amerika Serikat pun jatuh.

Selain itu, investor asing terus melakukan aksi jual bersih hingga Rp1 triliun per hari lantaran khawatir dengan indepensi Bank Indonesia (BI) yang terancam diintervensi pemerintah.

“Asing sudah keluar karena isu dewan moneter ancam independesi BI. Sudah Rp 4 triliun dan Rp1 triliun per hari,” kata Rizal.

Penyebab lainnya, kata Rizal, dana buyback saham sudah mulai habis. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab IHSG anjlok.

Dalam cuitan lainnya, pria yang akrab disapa RR ini mengingatkan pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Di mana saat itu Jokowi menekankan bahwa prioritas utama adalah memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Komentar

Loading...