Kongkow Bareng Barista, Dokter Pade’: Seduh Kopimu, Sudahi Sedihmu Bro!


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– “Kopinya diaduk minimal 30 kali. Satu arah yah. Biar kopi dan susu berpadu sempurna,” Begitu Irwandi, Ketua Asosiasi Baristahood Indonesia (Asbaris), membuka percapakan saat menerima calon wakil wali kota Makassar, Dokter Fadli Ananda.

Kongkow bareng dengan dua puluh barista (peracik kopi) Makassar itu berlangsung di Kerja Sama Coffee, Pasar Segar, Kamis malam, 10 September 2020. Suasana begitu cair. Jauh dari kesan formil. Mengalir penuh canda tawa. Kehadiran Jubir Dilan, Hidayat Syamsu Niang dan Missi Misbach, membuat suasana semakin cair.

Irwandi mengaku, suasana bisa begitu mengalir karena di benak anak milenial yang dominan pengusaha warkop itu, pembalap nasional itu tidak berbeda dengan mereka. “(Fadli-red) Anak muda yang merangkak dari bawah di dunia usaha. Dia pasti pernah mengalami fase seperti saat kami memulai uasaha. Ditambah lagi memang sepantaran kita juga. Kloplah,” aku Irwandi.

Obrolan itu mengalir jadi ajang curhat. Irsan Jufri, penasihat Asbaris, merasakan perhatian pemerintah sejauh ini pada profesi mereka masih sangat rndah, termasuk pada unit usaha mereka.

“Kami ini sangat berharap ada keberpihakan pemerintah. Minimal itu bisa terlihat lewat kebijakan keringanan pajak. Pajak jika memungkinkan janganlah disamaratakan. Kita berharap bisa disandarkan pada klasifikasi usaha. Yang besar dan kecil, jika memungkinkan jangan dipukul rata,” seru pria yang akrab disapa Jumeng ini.

Komentar

Loading...