Pilkada 2020 di Sulsel, Kapolda: Anda Pemain, Kami Wasitnya

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam saat berkunjung ke redaksi FAJAR. (ishak/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mutasi di tubuh di institusi Polda Sulsel tidak membuat pengamanan Pilkada 2020 di Kota Makassar menjadi terhambat.

Orang nomor satu di Polda Sulsel yang baru-baru ini dijabat oleh Irjen Pol Merdisyam, harus siap menjalankan tugas utamanya itu. Dirinya menganggap pihaknya sebagai wasit dalam pesta demokrasi ini.

“Di pesta demokrasi ini, ibarat pertandingan. Kami sebagai wasit. Dan bapak-bapak (masyarakat) ini pemainnya,” kata Irjen Merdisyam saat berkunjung ke Redaksi Harian Fajar, Jumat (11/9/2020).

Bagi dia, wasit ini yang bertugas menjaga kenetralan untuk para anggotanya agar tidak terlibat dalam dunia perpolitikan.

Termasuk pengamanan antara setiap massa kandidat yang rawan terjadinya gesekan. Olehnya itu, perwira dua bintang ini bersosialisasi agar Pilkada tahun ini bisa aman dan damai.

“Jadi berkewajiban kita untuk melakukan sosialiasi, imbauan, memberikan pemahaman, meminimalisir terjadinya dampak dari cluster terbaru ini dari pesta demokrasi Pilkada 2020,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya kampanye hitam jelang Pilkada 2020 ini, Polda Sulsel telah membentuk tim khusus (Timsus) untuk menindak segala pelanggaran, yang bisa saja merugikan pasangan calon lain dan berujung pidana.

Kampanye hitam sendiri bisa saja tersebar melalui perkembangan teknologi setiap sosial media.

“Pengawasannya sudah ada tim cyber yang memang mengawasi kondisi-kondisi (kampanye hitam) di medsos tersebut,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Jumat (4/9/2020).

Komentar

Loading...