Ridwan Kamil ke Anies Baswedan: Saya Mohon Konsultasi Dulu ke Pemerintah Pusat

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. Foto: Jabar Ekspres

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berencana memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mendapat respons dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sebagai daerah tetangga, Ridwan Kamil meminta Anies Baswedan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke pemerintah pusat sebelum mengambil kebijakan.

“Jakarta itu Ibukota negara, maka kebijakan Jakarta berdampak tak hanya regional tapi nasional,” kata Emil di Gedung DPRD Jabar, Jumat (11/9/2020).

Dirinya sendiri telah melakukan komunikasi lewat video conference bersama Anies dan sejumlah kepala daerah di Jabodetabek, Kamis (10/9/2020).

“Saya mohon ke Pak Anies untuk konsultasikan dulu ke pemerintah pusat. Itu kesimpulan yang saya sampaikan. Setelah itu, kita tunggu saja apakah tanggalnya masih tetap,” jelas Emil.

Tak Sampai di situ, mantan walikota Bandung itu juga membeberkan dampak pernyataan Anies soal rencana PSBB total di Jakarta.

Kata Emil, indeks harga saham gabungan (IHSG) terperosok. Pada Kamis kemarin, kapitalisasi pasar berkurang hingga Rp 277 triliun setelah Anies mengumumkan rencana itu.

“Itu juga menjadi hikmah kepada kita memang dalam statment Covid ini ditunggu oleh siapapun, baik oleh masyarakat, pelaku ekonomi. Sehingga menjadi sebuah kehati-hatian bagi kita, agar setiap pernyataan ini dihitung secara baik,” tutupnya. (pojoksatu/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...