Apple Longgarkan Aturan Pembayaran di App Store

Ilustrasi App Store. (Apple)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Apple pada hari Jumat menerbitkan revisi beberapa pedoman ulasan App Store, melonggarkan beberapa pembatasan pada layanan game streaming, kelas online dan sistem pembelian dalam aplikasi, yang membebankan komisi 30 persen.

Apple membuat perubahan setelah kritik dari pengembang atas praktik App Store-nya dan setelah saingan seperti Microsoft dan Alphabet Google menolak untuk meluncurkan platform game streaming mereka di iPhone karena aturan tersebut.

Apple telah lama melarang katalog aplikasi dalam aplikasi tetapi pada hari Jumat mengatakan bahwa itu akan memungkinkan perusahaan streaming game untuk membuat aplikasi katalog semacam itu. Namun, setiap game dalam katalog masih harus dibuat menjadi aplikasi mandiri dan menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple.

Perubahan aturan lainnya termasuk mengizinkan kelas tatap muka virtual dibayar di luar sistem pembayaran Apple, meskipun kelas yang diajarkan masih harus menggunakan sistem Apple dan membayar biayanya.

Aturan baru tersebut juga memungkinkan aplikasi bisnis seperti database profesional melewati sistem pembayaran Apple saat menjual ke organisasi, tetapi masih memerlukan sistem pembayaran Apple untuk penjualan kepada individu atau keluarga.

Apple juga mengatakan bahwa aplikasi mandiri gratis yang terhubung ke layanan berbayar di luar aplikasi – seperti email atau layanan penyimpanan cloud – tidak perlu menggunakan sistem pembayarannya “asalkan tidak ada pembelian di dalam aplikasi, atau ajakan bertindak untuk pembelian di luar aplikasi.”

KONTEN BERSPONSOR

Komentar