Demi Harmonisasi Pusat dan Daerah, Kepastian PSBB Diumumkan Besok

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo

FAJAR.CO.ID — Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat masih melakukan pembahasan dalam menentukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat seperti Maret 2020 lalu.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyampaikan,PSBB secara total rencananya bakal diumumkan besok, Minggu (13/9/2020).

“Secara resmi besok akan disampaikan kepada media sekitar pukul 13.00 WIB,” ujarnya, dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (12/9).

Pemprov DKI dan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 malam ini sedang melakukan rapat mengenai keputusan tersebut hingga esok hari. Keputusannya pun akan disampaikan secara final pada Minggu (13/9).

“Sehingga pengumuman yang disampaikan ke masyarakat ada sebuah kepastian, harmonisasi antara kepentingan pusat dan daerah,” imbuhnya.

Doni menegaskan, dalam mengambil langkah kebijakan pemerintah senantiasa mengutamakan aspek kesehatan masyarakat. Meski hingga saat ini belum ada kepastian apakah DKI akan menerapkan PSBB atau tidak, pemerintah pusat lebih menginginkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK).

Doni menambahkan, komunitas perlu menjadi ujung tombak hingga sebagai garda terdepan dalam setiap upaya pencegahan dan penekanan angka penularan Covid-19 di Indonesia.

“Jangan kita biarkan dokter rumah sakit menjadi garda utama, mereka harus menjadi benteng terakhir, agar kita bisa menyelamatkan tenaga-tenaga dokter, tenaga kesehatan lainnya, para perawat. Kita tidak ingin kehilangan dokter lebih banyak lagi,” tutupnya.‎ (jpc)

Komentar

Loading...