Dukung Anies PSBB Total, Fraksi PAN: Jiwa Manusia Tak Bisa Ditawar

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kesinambungan dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah seharusnya terjadi di setiap wilayah di Indonesia.

Salah satunya soal kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta yang seharusnya didukung oleh wilayah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

“Seharusnya mereka ingat bahwa ini merupakan masalah yang menyangkut jiwa manusia, tidak bisa ditawar dengan alasan apa pun,” kata Ketua Fraksi PAN DPRD DKI, Bambang Kusumanto, Jumat (11/9).

Lebih lanjut, Bambang juga mendorong agar ke depan bantuan sosial Pemprov DKI Jakarta tersebar secara merata untuk masyarakat Ibukota.

“Untuk urusan anggaran jangan khawatir, karena sebenarnya masih banyak anggaran untuk pemeliharaan, pembangunan infrastruktur yang bisa ditunda dan dialihkan untuk penanggulangan Covid ini,” tutur Bambang.

Jika diperlukan, PSBB Jakarta bisa diterapkan bukan hanya 14 hari melainkan satu bulan penuh agar mata rantai penularan bisa benar-benar dikendalikan.

Empat daerah penyangga Jakarta sebelumnya merespons keputusan Pemprov DKI Jakarta dengan menganggap PSBB total belum jelas.

Hal itu disampaikan Walikota Bogor, Bima Arya usai rapat bersama Gubernur Anies dan kepala daerah lain.

Namun demikian, ia menyebut rapat yang digelar Kamis (10/9) belum menghasilkan keputusan apa pun, termasuk kemungkinan daerah penyangga ibukota mengikuti langkah PSBB total. (sta/rmol/pojoksatu)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar