Indonesia ‘Diblokir’ 59 Negara, HNW: Jokowi Harus Turun Gunung Pimpin Penanganan Covid-19

Hidayat Nur Wahid

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, melayangkan kritik pengelolaan wabah Covid-19 oleh pemerintah. Alih-alih mencegah meluasnya covid-19, yang terjadi malah sebaliknya, jumlah korban semakin banyak.

Sehingga menghadirkan ketakutan di sebagian masyarakat. Bahkan, dunia Internasional tepatnya 59 negara di dunia melakukan ‘boikot’ kedatangan warga negara Indonesia (WNI).

“Bukan hanya WNI tidak diterima masuk ke 59 negara itu, bahkan ada 11 negara, seperti Amerika Serikat dan Australia mengimbau warganya untuk tidak pergi ke Indonesia, karena penyebaran Covid-19, dan fasilitas kesehatan yang tidak memadai,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/9/2020).

HNW menilai, sikap banyak negara tersebut seharusnya menjadi koreksi dan instropeksi pemerintah melaksanakan kewajibannya, melindungi seluruh Rakyat Indonesia dan menyelamatkan mereka dari masalah Covid-19, yang sudah menghadirkan darurat kesehatan nasional ini.

“Betul bahwa karena covid-19, Indonesia pun memberlakukan hal sejenis kepada beberapa negara asing, tetapi jumlah negara yang ‘melock-down’ Indonesia itu terlalu banyak. Ini menggambarkan ketidakpercayaan masyarakat Internasional terhadap penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah Indonesia,” tukasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa pemerintah Indonesia perlu melakukan koreksi dan maksimalisasi usaha serta meningkatkan kualitas perlindungan terhadap WNI dalam menyelesaikan masalah Covid-19.

Salah satunya dengan menghadirkan kejujuran data, kesatupaduan dan konsistensi kebijakan, serta profesionalitas yang bisa dipercaya oleh dunia internasional.

Komentar

Loading...