Jaringan Transmisi Pungaya-Tanjung Bunga Beroperasi, PLN Bisa Hemat Rp225,8 M per Tahun


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam hitungan hari, Kota Makassar sebagai pintu Kawasan Timur Indonesia (KTI) segera menikmati listrik yang semakin andal. PLN telah menyelesaikan pembangunan fisik jaringan transmisi bertegangan 150 kiloVolt (kV) yang terbentang dari Punagaya di Jeneponto sampai dengan Tanjung Bunga di Makassar.

Pemberian tegangan perdana segera dilaksanakan seusai pengecekan akhir terhadap jaringan yang mimiliki 178 menara dengan lintasan sepanjang 118 kilo meter sirkuit (kms) tersebut.

“Jikalau jaringan transmisi ini berhasil beroperasi, kita akan menghemat paling sedikit Rp 225,8 milyar per tahun atau Rp 18,81 miliar per bulan. Karena mampu menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) sebesar Rp 22,91 per kilo Watt hour (kWh) dan susut transmisi setara dengan 38.806.800 kWh,” jelas General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan (UIP Sulbagsel) I Putu Riasa.

Dalam kesempatan yang sama, Riasa juga meminta doa restu semoga proses pengecekan akhir terhadap jaringan transmisi ini segera bersertifikat aman, lengkap dan layak untuk diberikan tegangan.

“Saat ini di Kota Makassar, sedang dibangun kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) yang nantinya akan menjadi ikon baru bagi Indonesia bagian tengah dan timur. Tentunya, kawasan tersebut akan membutuhkan daya dan keandalan listrik yang memadai,” tambah Riasa.

Oleh karena itu, beroperasinya jaringan transmisi ini sangat mendesak mengingat listriknya juga akan menjangkau kawasan.

Komentar

Loading...