Refly Harun Sindir Ruhut Sitompul : Saya Heran Juga

Ruhut Sitompul (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyindir seringnya Ruhut melontarkan ide untuk memecat Anies sebagai gubernur. Namun, ketika orang bersuara ganti presiden, dituding makar.

Dia mengingatkan, Anies Baswedan hanya bisa dipecat oleh rakyat melalui DPRD, bukan oleh Menteri Dalam Negeri. “Mendagri itu bukan atasan gubernur. Gubernur itu kedudukannya sama seperti presiden, cuma beda levelnya. Gubernur di level daerah, presiden level nasional,” terangnya.

“Saya heran juga, Ruhut ini senang sekali mendesak orang dipecat padahal dia sendiri mungkin juga dipecat. Saya kurang tahu dan enggak mau tahu juga,” sambung Refly.

Sebelumnya, politikus PDIP Perjuangan Ruhut Sitompul merasa desakannya agar Anies Baswedan mundur dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta, tidak berlebihan. Bahkan mendorong pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian supaya turun tangan membenahi Jakarta. Bila perlu jabatan gubernur DKI dijalankan saja oleh pelaksana tugas.

“Harus (turun tangan). Kalau perlu bikin Plt Gubernur. Anies sudah tidak mampu,” ucap Ruhut saat berbincang dengan jpnn.com, Kamis (10/9). (jpnn)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...