Sebulan Permintaan Capai 5.000 Kantong, Stok Darah PMI Makin Menipis

Doroh darah yang dilakukan Jenggala Sulsel di kantor PMI Sulsel.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Guna memenuhi ketersediaan stok Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Jenggala Sulsel menggelar aksi donor darah yang dilakukan di PMI Sulsel, Jalan Lanto Dg Pasewang, Sabtu (12/9/2020).

Diketahui saat ini ketersediaan stok darah di PMI sangat kurang. Sedangkan permintaan masyarakat setiap bulannya cukup tinggi yakni mencapai 3.000 sampai 5.000 kantong perbulan.

Berdasarkan data PMI Sulsel ketersediaan stok darah per 11 September 2020 tercatat hanya 33 kantong.

“Ketersediaannya kita di PMI Sulsel sangat bervariasi, di bulan Agustus sampai September ini Alhamdulillah stok darah memungkinkan tapi sangat kurang karena permintaan bisa 3.000 sampai 5.000 perbulan,” ucap Sekretaris PMI Suslel, Rahmansyah, Sabtu (12/9/2020).

Olehnya, ia berharap dibutuhkan partisipasi masyarakat dan organisasi-organisasi kemanusian yang dapat saling membantu antar sesama.

Rahmansyah mengaku hingga saat ini di PMI Sulsel belum ada ketersediaan stok darah A dan AB. “Yang ada saat ini golongan darah O dan B,” bebernya.

Sementara, Ketua Panitia pelaksana kegiatan donor darah, Nurasiyah Samahuddin mengatakan antusias warga cukup tinggi. Buktinya terlihat dari target awal yang telah dicapai yakni 50 orang.

“Target awal sih kita 50 tapi sepertinya sudah melebihi,” tandasnya. (Anti/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...