Kemenag Minta Optimalisasi SDM Baznas Sulsel Lebih Ditingkat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar meminta agar Sumber Daya Manusia (SDM) di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulsel dapat lebih dioptimalkan.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang menimpa seluruh sendi kehidupan manusia, juga turut berpengaruh pada program dan kegiatan Baznas, terkhusus pada sisi pengumpulan dan pendistribusian.

Sehingga kinerja, kapabilitas staf maupun pegawai dari Baznas Sulsel harus lebih ditingkatkan, meski dengan situasi saat ini yang menimpa hampir seluruh negara.

“SDM Baznas harus diikutkan diklat guna mengoptimalkan manajemen pengelolaan di Baznas. Meningkatkan sistem perencanaan yang terstruktur dan terorganisir,” ucap Anwar.

Selain peningkatan kinerja SDM Baznas, Ia juga menekankan perlunya formulasi pemberdayaan agar mustahiq dapat lebih produktif.

Hal itu lantaran, orientasi masyarakat Sulsel yang masih terkesan konsumtif dalam memberdayagunakan zakat diterimanya.

Kendati begitu, ia menyebut secara umum pengelolaan dan peran serta Baznas di Sulsel sudah berjalan sangat efektif. Bahkan telah diakui secara nasional.

Khususnya, lanjut Anwar, yang menyangkut soal kepedulian sosial terhadap peristiwa bencana yang menimpa sejumlah kabupaten kota.

Anwar Abubakar menambahkan, diperlukan pula peningkatan berupa perhatian khusus kepada sejumlah asnaf 8 yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqaf (hamba sahaya), fisabilillah dan ibnu sabil atau orang yang dalam perjalanan.

Komentar

Loading...