Positif Narkoba, Pendamping Petahana Suardi Saleh, Andi Mirza Riogi Didiskualifikasi

Ekspresi Calon Wakil Bupati Barru, Andi Mirza Riogi disela-sela pemeriksaan kesehatan sebagai tahapan Pilkada Barru 2020, di Private Care Center (PCC) RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Selasa, 8 September. Calon Wakil Bupati Barru, Andi Mirza Riogi Idris, dinyatakan gugur sebagai kontestan di Pilkada Barru 2020. Andi Mirza dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena positif Narkotika. IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Calon wakil bupati Kabupaten Barru, Andi Mirza Riogi Idris resmi didiskualifikasi dari kontestasi Pilkada Serentak 2020, setelah hasil pemeriksaan kesehatannya oleh Private Care Center Rumah Sakit Umum Pusat (PCC RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar, terkonfirmasi positif narkoba.

Ketua KPU Barru, Syarifuddin H Ukkas usai rapat pleno terbuka, Minggu (13/9/2020) menuturkan, Andi Mirza yang dipasangkan dengan calon bupati incumbent Suardi Saleh dinyatakan tidak memenuhi syarat karena positif narkotika.

“Andi Mirza Riogi Idris dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati Barru dikarenakan positif narkotika,” ungkap Syarifuddin.

Sehingga hasil pemeriksaan kesehatan yang dikeluarkan tim pemeriksa kesehatan masing-masing dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Himpunan Psikologi Indonesia di Private Care Center (PCC) Badan Narkotika Nasional (BNN), berbading lurus dengan keputusan KPU dan itu tidak bisa diulang karena positif Narkotika.

“Tidak bisa ditawar. Konsekuensi bagi Andi Riogi yang telah dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati, yaitu diskulifikasi sebagai kandidat,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua tim pelaksanaan pemeriksaan calon kepala daerah, Prof Dr Mansyur Arif menyatakan Dari 31 pasangan yang telah menyelesaikan pemeriksaan, terdapat salah satu dari mereka yang terpaksa gagal karena berdasakan pemeriksaan kesehatan dan itu tidak bisa diulang karena positif Narkotika.

“Iya ada yang tidak memenuhi syarat alasannya laporan dari BNN karena narkotika,” ujar Prof Mansyur Arif, saat dihubungi awak media, Minggu siang. (endra/fajar)

Komentar

Loading...