Beredar Survei Polkmark Indonesia, Elektabilitas Appi-Rahman Melejit

Appi-Rahman, Berkomitmen, Perhatikan Kesejahteraan Marbot, Kota Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dinamika politik jelang Pilwali Makassar 2020 semakin seru. Elektabilitas 4 calon yang bakal bertarung saling salip.

Survei Calon petahana Danny Pomanto yang selalu teratas kini melorot tajam. Usungan Partai NasDem-Gerindra ini terancam kalah jika tak bisa memperbaiki elektabilitasnya.

Yang teranyar kini muncul hasil survei dari PolMark Indonesia milik Eep Saifullah yang beredar di media sosial dan kalangan awak media hari ini, Senin (14/9/2020).

Dalam gambar statistik disebutkan lagi-lagi elektabilitas pasangan Danny Pomanto – Fatmawati Rusdi terus merosot ke 26,8 persen atau berada di bawah Appi-Rahman yakni 31,7 persen.

Sementara di posisi ketiga ada Dilan atau Deng Ical-Fadli Ananda yang stagnan di angka 14,4 persen, sementara Irman-Zunnun berada di posisi buncit 3,4 persen.

Pakar politik dari Universitas Muhammdiyah Makassar, Dr Luhur Andi Prianto tidak heran elektabilitas Danny anjlok. Menurutnya kecenderungan seperti itu memang wajar dialami calon petahana.

“Memang kekurangan menjadi incumbent adalah tidak ada lagi pesona, karena sudah terukur kinerjanya.  Kekurangannya petahana kita (Danny.red) itu kan sudah selesai masa jabatannya. Dia tidak punya lagi ruang dan infrastruktur atau ormas-ormas yang bisa digerakkkan untuk berinteraksi dengan pemilih secara langsung,” papar Luhur.

“Di sisi lain, kinerjanya sudah terukur sehingga masyrakat sudah punya preferensi seperti apa pencapaiannya  selama berkuasa. Sehingga memang petahana itu kencenderungannya menurun,” kuncinya.

Komentar

Loading...