Pemda Lutra dan Maros Diminta Segera Cairkan Anggaran Pilkada

Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Faisal Amir meminta kepada Pemerintah Kabupaten Maros dan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara agar segera melakukan pencairan anggaran Pilkada.

Ia menyebut, dari 10 kabupaten kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020, 2 di antaranya belum mencairkan anggarannya hingga 100 persen.

Menurutnya, berdasarkan penyampaian Kementerian Dalam Negeri, anggaran Pilkada harus dicairkan sesegera mungkin.

“Ini memang perlu dicairkan 100 persen karena begitu petunjuknya untuk pelaksanaan Pilkada 2020,” ucap Faisal, Senin (13/9/2020).

Kendati demikian, ia menyebut untuk Kabupaten Luwu Utara proses pencairannya akan dilakukan pekan ini, sementara untuk Kabupaten Maros masih dalam tahap komunikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros.

Sebenarnya, kata dia, saat ini pihak KPU telah disibukkan dengan hal-hal teknis administrasi Pilkada. Sehingga untuk masalah anggaran, alangkah baiknya jika dicairkan sejak awal.

“Bahkan beberapa kabupaten kota sudah mencairkan 100 persen sejak bulan Juni. Tanggal 23 September ini sudah mau masuk penetapan calon, tanggal 26 akan melaksanakan tahapan kampanye,” bebernya.

“Ditanggal tanggal itu, kita tidak mengurusi lagi ketersediaan anggaran, kita fokus pada penyiapan kebutuhan pilkada, baik kebutuhan teknis Pilkada maupun kebutuhan APD, karena APD ini juga besar,” sambungnya kemudian.

Faisal mengaku ketersediaan APD akan ditalangi oleh APBN dan kebutuhan logistik Pilkada ditanggung oleh APBD.

Komentar

Loading...