Ahli Virus Tiongkok: Virus Corona Dimodifikasi di Laboratorium Wuhan

Dr Li-Meng Yan, ahli virus asal Tiongkok memilih kabur dari negaranya untuk mengungkap fakta baru yang ditelitinya terkait virus corona. (New York Post)

FAJAR.CO.ID — Seorang ahli virus asal Tiongkok mengklaim memiliki bukti ilmiah bahwa virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 sebenarnya dimodifikasi di sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok.

Ahli virus itu pun memilih kabur dari negaranya untuk mengungkap fakta baru yang ditelitinya terkait virus corona.

Dia adalah Dr Li-Meng Yan. Dia berbicara dalam sebuah wawancara pada Jumat (11/9/2020) lalu di acara talk show bertajuk Loose Women. Lokasinya sendiri masih dirahasiakan. Dr Yan disebut masih dalam persembunyian.

“Virus ini (virus corona, Red) bukan dari alam,” tegasnya, seperti dilansir dari Science Times, Selasa (15/9/2020).

Dr Yan yang saat itu bekerja di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hongkong, diminta mempelajari sekumpulan kasus dari virus tak dikenal pada Desember 2019. Dia menjelaskan, karena mendapat kedua gelar dari Tiongkok, maka dia ditugaskan untuk menjadi bagian dari penyelidikan rahasia tentang apa yang dianggap sebagai jenis baru penyakit pneumonia.

Dia mengatakan hal itu setelah melaporkan temuannya kepada atasannya yang juga menjabat sebagai konsultan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu, baik atasannya maupun WHO tidak memberikan tanggapan dan justru memperingatkannya. “Jangan melewati batas dan diam,” ungkap Dr Yan menirukan peringatan dari atasannya.

Dikarenakan masalah tersebut mendesak, dia menghubungi YouTuber Tiongkok terkenal yang berbasis di Amerika Serikat. Dalam paparan berbahasa Tiongkok dijelaskan beberapa poin. Pertama, Pemerintah Tiongkok baru saja menemukan Covid-19. Kedua, sudah ada penularan penyakit dari manusia ke manusia. Ketiga, ada mutan yang tinggi, virus akan segera menjadi wabah. Keempat, pasar makanan laut di Wuhan dan inang perantara virus hanyalah tabir.

Komentar

Loading...