Jukir Liar Masih Kuasai Lahan Parkir, Pengamat Minta PD Parkir Ambil Tindakan

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masalah parkiran Kota Makassar hingga kini masih terus menjadi sorotan. Tak sedikit lahan parkir dikuasai oleh juru parkir (Jukir) liar.

Pengamat Transportasi, Muhammad Isran Ramli mendorong PD Parkir Makassar Raya sebagai penanggung jawab agar segera mengambil alih perparkiran.

“Karena ada regulasinya bahwa semua lahan parkir di Makassar di bawah naungan PD Parkir,” jelasnya saat dihubungi, Senin (14/9/2020).

Isran menilai, apa yang dilakukan jukir liar tersebut tidak dibenarkan. Apalagi, memungut biaya parkir tanpa izin. Bisa saja jukir tidak bertanggung jawab terhadap kendaraan masyarakat.

“Seharusnya Perusda (Parkir) itu mengatur semua perparkiran di wilayah kota Makassar. Kan ada metode pembayaran parkir itu kepada jukir, ada karcis kita bayar,” lanjutnya.

Olehnya, Isran menegaskan, PD Parkir untuk secepatnya mengambil tindakan. Sehingga, tak ada lagi pengunjung yang diserahkan karena ulah jukir liar.

“Jangan sampai itu juga menimbulkan dampak kemacetan, kan ada namanya manajemen dampak lalu lintas, yang hanya diketahui oleh PD Parkir,” tegas Dosen Fakultas Teknik Unhas ini.

Kata Isran, PD Parkir harus melakukan penindakan terhadap jukir liar dan hal tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Namun, harus melakukan pendekatan persuasif terhadap para jukir liar tersebut.

“Kita berharap ada pendekatan dulu kepada jukir liar itu, di samping harus menindak atau melakukan penerbitan,” tutupnya.

Komentar

Loading...