Survei Pemilu 2024, PSI Mengejutkan, PPP, PAN, Demokrat dan Nasdem di Bawah 4%

Ilustrasi PSI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Enam partai politik diprediksi lolos ambang batas paelemen (parliamentary threshold) pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu tergambar dalam hasil survei terbaru Polmatrix Indonesia yang dirilis, Rabu (16/9/2020). Dalam survei tersebut, PDI Perjuangan masih menjadi yang teratas kendati sekalipun mengalami penurunan.

Pada survei Mei 2020, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu memiliki elektabilitas mencapai 33,3 persen.

Sementara pada survei terbaru, tingkat keterpilihan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu menjadi 28,7 persen.

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto menyebut, jika ambang batas parliamentary threshold 4 persen, maka ada enam parpol yang lolos.

Setelah PDIP, ada Partai Gerindra Gerindra yang sedikit naik dari 13,7 persen menjadi 13,9 persen. Selanjutnya Partai Golkar turun dari 9,7 menjadi 8,4 persen, dan PKS dari 5,4 menjadi 5,8 persen.

Lalu PKB dari 6,7 menjadi 5,3 persen, dan Partai Solidaritas Indonesia dari 4,3 menjadi 4,5 persen.

“Jika pemilu digelar saat ini, elektabilitas PDIP masih tetap nomor satu dan enam parpol lolos ambang batas 4 persen,” kata Dendik.

“Termasuk PSI yang tidak memiliki kursi pada Pemilu Legislatif 2019,” sambungnya.

Keunggulan PDIP ini, terang Dendik, tak bisa dilepaskan dari posisinya sebagai parpol utama dalam pemerintahan.

Sementara itu, PSI yang hanya memiliki kursi di tingkat DPRD provinsi dan kabupaten/kota tampak bakal mendulang dukungan publik.

Komentar

Loading...