Tunggu Audit BPKP, Insentif Tenaga Kesehatan Puskesmas Rp4 Miliar Segera Dicairkan

Kadis Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Insentif tenaga kesehatan (Nakes) yang merawat covid 19 sebentar lagi akan dicairkan. Sisa menunggu audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengungkapkan, dananya sudah sampai di kas daerah. Sisa dibagikan ke rekening masing masing nakes.

“Insentif itu sudah siap sebenarnya, hanya tinggal menunggu pembayaran karena kebetulan saat ini kita sedang dilakukan audit oleh BPKP tentang insentif khusus ini perintah khusus dari pusat melakukan audit tentang insentif nakes,” ujar Naisyah, Rabu (16/9/2020)

Menurut Naisyah, total isentif untuk para nakes mencapai angka Rp4 miliar dari Rp9 miliar yang disiapkan. Namun jumlah itu baru dibayarkan ke puskesmas. untuk insentif nakes di rumah sakit masih harus menunggu waktu.

“Rp4 miliar nanti kita akan salurkan ke nakes untuk Puskesmas, itu di luar dari rumah sakit. Kalau puskesmas sudah lengkapi data-datanya,” bebernya.

Naisyah menuturkan insentif nakes ini merupakan insentif khusus. Olehnya itu, mesti menunggu hasil audit BPKP terlebih dahulu sebelum pencairan dilakukan,

“Persyaratan kita paling sudah terima tentang laporan dari BPKP sudah bisa dibayar tapi persyaratan laporannya harus dilengkapi dulu, ” terangnya

Namun Naisyah memastikan dalam waktu dekat, insentif tersebut akan dicairkan pihaknya. Ia pun mengkhawatirkan jika pencairan tak dilakukan tanpa audit BPKP, akan berpotensi menjadi temuan.

Komentar

Loading...