Kematian Dokter Indonesia Hadapi Covid-19 Tertinggi di Asia

Ilustrasi situasi ruang perawatan pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta. (Hafidz Mubarak/Pool/AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan mengungkapkan masih ada 55 ribu kasus aktif Covid-19 yang sedang ditangani oleh sejumlah tenaga medis dan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia.

Penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia pun masih belum terkendali. Dari jumlah kasus positif Covid-19 yang belum terkendali sudah menyebabkan sejumlah tenaga kesehatan, termasuk dokter meninggal.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengklaim ada 115 dokter yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia meninggal akibat terpapar corona. Data dokter meninggal paling banyak di Jawa Timur sebanyak 29 orang.

Kemudian disusul Sumatera Utara 21 dokter, DKI Jakarta 15 dokter, Jawa Barat 11 dokter, Jawa Tengah 8 dokter, Sulawesi Selatan 6 dokter. Di Bali, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan ada sebanyak 4 dokter.

Selanjutnya, Kalimantan Timur 3 dokter. Ada 2 dokter meninggal di Aceh, Kepulauan Riau, dan DIY. Sedangkan di Banten, NTB, Papua Barat, dan Riau dokter yang meninggal berjumlah 1 orang.

Angka kematian dokter di Indonesia tersebut, saat ini tercatat yang tertinggi di Asia. (ngopibareng/jpnn/fajar)

loading...

Komentar

Loading...