Kemenkumham Beri Potongan Rp500 Ribu Bagi UMKM Saat Daftar HKI, Ini Syaratnya


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulsel, Harun Sulianto mengatakan akan memberikan dispensasi kepada UMKM berupa potongan Rp.\500 ribu bagi yang mendapat surat rekomendasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Dinas Koperasi dan UKM Sulsel.

Potongan harga tersebut diperuntukkan bagi UMKM yang ingin melakukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar mendapat sertifikat merek dari Kemenkumham.

“Untuk harga umum itu bisa mencapai Rp1,8 juta tapi kami memberikan potongan bagi yang mendapat rekomendasi dari pihak terkait sebesar 500 ribu,” ucap Harun, Kamis (17/9/2020).

Harun mengatakan pentingnya produk-produk UMKM mendapat legalitas agar tidak terjadi pertengkaran di kemudian hari terkait hak dasar kepemilikan.

Ia menambahkan, dalam hal perlindungan terhadap produk atau karya, harus dilakukan sedini mungkin untuk menghindari pembajakan dari kompetitor.

“Dengan adanya sertifikat maka produk UMKM mudah untuk masuk pasar karena ada kepastian kepemilikan atas produk masing-masing,” ungkap Harun.

Ia mengaku pihaknya telah menggandeng Pemerintah Daerah dan Dinas Koperasi UMKM untuk mempermudah dan mendorong para UMKM agar memiliki sertifikat hak kekayaan intelektual.

“Kita bersinergi dengan 14 kabupaten kota agar mereka mendapatkan sertifikat merek ini,” tutupnya. (Anti/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...